BAB IV
ANALISIS
SISTEM
1. Pengertian Analisis Sistem
Menurut
Mc Leod (2007, p74), Analisis Sistem adalah penelitian terhadap system yang
telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem baru atau memperbaharui sistem
yang telah ada tersebut. Analisa sistem dapat didefinisikan sebagai berikut:
“Analisa sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian-bagian
komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen tersebut
bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujua mereka”. (Al Fatta, 2007 : 4).
2. Tahapan
AAnalisis Sistem
1.
Identify :
mengidentifikasi masalah.
2.
Understand :
memahami kerja dari sistem yang ada.
3.
Analyze :
menganalisis sistem.
4.
Report : membuat
laporan hasil analisis.
3. Membuat
Laporan Hasil Analisis Sistem
ANALISIS SISTEM INFORMASI PADA INDOMARET
Diajukan untuk memenuhi tugas Analisis Sistem
Mata kuliah Sistem Informasi
Oleh :
Umar Faqih (210511066)
FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
CIREBON
2022
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seriring dengan pertumbuhan ekonomi indonesia yang maju dan berkembang
pesat khususnya di kota-kota besar,
telah terjadi perubahan diberbagai sektor, termasuk di bidang industri retaildan produksi serta pada
kegiatan eceran di indonesia. Perkembangan bisinis eceran yang pesat ini tidak
lepas dari faktor menigkatnya jumlah penduduk indonesia.
Perkembangan inilah yangmembuat
minimarket sangat dinamis di berbagai pelosok tanah air seperti meerek dagang Indomaret
saat ini dipengang oleh PT. Indomarco Prismatama. Perusahaan akan semakin
berkembang untuk meningkatnya penjualan apabila aktivitas penjualan di kelola dengan cepat dan akurat sehingga
diperlikannya sistem yang mengelola di beberapa segmen untuk mempermudah aktivitas
pembayaran. Penjualan dan pembelian oleh karena itu sangat pentingnya sistem
informasi pada Indomaret ini.
1.1
Alasan Menganalisa Sistem
Saya pikir sistem informasi pada Indomaret
adalah salah satu point majunya sebuah instansi semakin bagus sistem
informasinya maka akan mendapatkan penjualan dankeuntungan yang jelas dan
rapih. Oleh karena itu sistem informasi ini sangat krusial jadi saya begitu
penasaran dengan algoritmas sistem dan pengaplikasian sistem tersebut apakah
sudah efektif atau masih ada bagian yang masih bisa di tinggkatkan lagim ke
ektifitasannya lagi.
1.2
Menguraikan Masalah
Yang Sering Terjadi Pada Sistem Lama
Permasalahan
atau kendala yang terjadi pada sistem penjualan Indomaret:
1.
Kurang efektifnya pencatatan transaksi dari segi waktu
dan jumlah barang
2.
Pembuktian laporan yang berbelit belit karena banyaknya
transaksi yang keluar dan masuk
3.
Kurang efektifnya pencatatan barang yang keluar dan masuk
dari supervisor.
4.
Sulit dalam mencari data barang
5.
Pendataan kasir yang menagangani tidak efektif
1.3
Mengidentifikasi
Sistem Masalah
Adapun
kebutuhan sistem yang diperlukan antara lain:
1.
Melakukan pencatatan transaksi dari segi waktu dan
julmlah barang
2.
Menampilkan laporan Indomaret secara cepat, tepat dan
akurat
3.
Melakukan pencatatan yang keluar dan masuk dari supplier
secara efektif
4.
Melakukan pencarian data barang secara mudah
5.
Melakukan pendataan kasir dengan efektif
1.4 Menguraikan pnelitian yang di lakukan
1.
Jenis penelitian “Sistem Informasi penjualan produk di Indomaret
Jatiseeng”
2.
Penelitian dilaksanakan pada 14 November 2022
3.
Hasil interview
Waktu pelaksanaan |
Narasumber |
Daftar pertanyaan |
|
Nama |
Jabatan |
||
14-11-22 |
Endang Subagdja |
Delivery Crew |
1.
Kendala yang sering di alami saat menggunakan sistem ? Jawab: barang fisik ada tapi pada sistem Qty 0 sehingga
tidak bisa dijual barang tersebut |
2.
Apakah ada kendala saat mencari produk pada sistem? Jawab: Stok produk di program dengan bentuk fisik
berbeda |
|||
3.
apakah sudah efektif untuk absensi jawab: ketika ada pertukaran hari libur harus absen
sesuai sebelumnya |
|||
14-11-22 |
Gatot Suseno |
Store Crew Boy |
1.
Kendala yang sering di alami saat menggunakan sistem? Jawab: Pembayaran online yang terkendala ketika mengisi
E-Tol sering terhambat mesin kartu rusak atau pun jaringan yang buruk |
2.
Apakah ada kendala saat mencari produk pada sistem? Jawab: Produk yang tidak laku maka akan muncul sistem
turun panjang atau tag N sehingga
terkadang terdapat selisih antara Qty stok dan fisik stok sehingga
harus turun panjang tersebut harus di kembalikan ke DC(Distributor Center) |
|||
3.
Apakah ada kendala dalam pembayaran online? Jawab: Alat untuk pembayaran kartu debit kadang rusak
dan jaringan yang buruk sehingga menghambat transaksi |
|||
14-11-22 |
Azmi Noerdani |
Delivery Crew |
1.
Kendala yang sering di alami saat menggunakan sistem? Jawab: Jaringan server suka error saat digunakan |
2.
Apakah ada kendala saat mencari produk pada sistem? Jawab: Data di komputer dengan data di aplikasi tidak
singkron |
|||
3.
Apakah ada kendala saat mengscan barcode pada produk? Jawab: Barcode pada produk kadang tidak terbaca |
1.5
menguraikan hasil analisis
1.
kelemahan sistem sebelumnya
kebanyakan masalah terjadi pada data yang diterima dan di
input kedalam program sehingga informasi yang ditampilkan berbeda yang ada di
sistem dengan bentuk fisiknya, server program yang masih lemah terkadang down,
alat scanbarcode pun terkadang tidak dapat membaca barcode pada produk.
2.
kebutuhan
data, informasi dan teknologi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen dengan
tabel
Pelaku Sistem |
Kebutuhan |
||
Data |
Informasi |
Teknologi |
|
Manajemen |
Data produk, absen karyawan, data konsumen, data harga,
data seles, data pemesanan barang |
Penjualan perhari, daftar ketersediaan produk |
Wifi, komputer, printer thermal, barcode scaner, ac,
kulkas, alat penerima pembayaran kartu debit |
User |
Data produk, daftar harga |
Struck pembelian |
Hp, kartu debit |
Comments
Post a Comment