JAWABAN UTS

                                                                    SOAL DAN JAWABAN UTS

                                                                        SISTEM INFORMASI


                                                                                         






1. Sebutkan contoh-contoh jurnal 2018-sekarang masing-masing minimal 3 buah jurnal dan 1 tema yang di bahas

A. JURNAL SISTEM INFORMASI

1) Sistem Informasi jurnal elektronik berbasis web pada universitas Diponogoro

2) Implementasi kunth morris pratt dalam pencarian berkas berbasis web pada dinas pariwisata makasar

3) Implementasi metode gap kompetensi dalam penentuan penerima bantuan langsung tunai dana desa di desa tanjungsari, disusun oleh: Egi Badar Sambani , Yuda Purnama Putra , Pitriah Nopitasari, 6 Juni 2022


Resume: Tanjungsari merupakan salah satu desa di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat yang melaksankan Program Bantuan Sosial Penanganan Pandemi Covid-19 bernama Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dengan menyerap Anggaran Dana Desa sesuai aturan Pemerintah Pusat. Program tersebut dikelola langsung oleh Pemerintahan Desa dalam hal penganggaran, pengelolaan, teknis realisasi penyaluran hingga penyusunan laporan. Untuk mewujudkan program sesuai harapan, efektif, cepat, tepat sasarandan sesuai aturan yang berlaku, maka masyarakat yang memenuhi kualifikasi perlu dilakukan proses seleksi. Proses seleksi harus secara selektif dan objektif sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan agar menghasilkan daftar penerima manfaat tepat guna. Dalam penelitian ini dirancang sebuah Sistem Penunjang Keputusan untuk membantu proses seleksi dengan menerapkan metode GAP kompetensi. Metode ini membandingkan antara kompetensi bantuan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya, semakin kecil Gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk menerima bantuan tersebut.Perancangan sistem akan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHPmenjadi aplikasi berbasis web lokal dengan database Mysql. Perancangan sistemmenggunakan Flowmap, Data Flow Diagram (DFD), Perancangan database menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Pengembangnan perangkat lunak menggunakan SoftwareDevelopment Life Cycle (SDLC) dengan metode waterfall. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dalam proses seleksi penentuan penerima bantuan langsung tunai dana desa di Desa Tanjungsari, penyeleksian menjadi lebih efektif dan efisien karena dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan penilaian lebih objekif.

B. JURBAL SISTEM PENDUKUNG

1) Sistem pendukung keputusan penerimaan kredit modal usaha pada pt.bank bpr pmm

2) Sistem pendukung keputusan diagnosa penyakit kanker serviks dengan metode certainty factor berbasis web studi kasus : rumah sakit labuang baji makassar

3) Analisis dan perancangan sistem informasi kepegawaian menggunakan unified modeling language (uml), disusun oleh: Dwinda Etika Profesi Henderi Henderi, 9 agustus 2019

Resume: Sistem informasi kepegawaian merupakan kegiatan penting pada instansi, perusahaan, kantor dan lembaga lainnya. Serta menjadi salah satu kegiatan sistem informasi yang dapat dimudahkan pengelolahan datanya. Dengan sistem informasi tersebut, maka dibutuhkan perancangan suatu sistem untuk mengolah data pegawai, sehingga menjadi suatu informasi yang lengkap dan terperinci. Dengan dukungan sistem komputerisasi, cara kerja suatu sistem yang sebelumnya manual dapat mengubah cara kerja yang lebih efisien, tepat dan berdaya guna serta terjamin mutu dan kualitas prosedur kerjanya. Sistem informasi kepegawaian merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk proses penyimpanan, pengolahan data kepegawaian dan untuk mendukung operasional kepegawaian. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi kepegawaian secara komputerisasi dimana sistem kepegawaian sebelumnya masih menggunakan sistem manual, sehingga lebih efisien dan optimal guna mendukung kemajuan dan perkembangan kepegawaian tersebut. Dengan memanfaatkan sistem informasi pengolahan data pegawai, dapat meningkatkan kinerja serta pengolahan data yang lebih baik, tepat, cepat dan akurat. Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi sistem informasi kepegawaian agar menjadi lebih terkomputerisasi dan mempermudah dalam pengolahan data pegawai. Peningkatan kinerja kerja tidak terlepas dari sarana dan prasarana, salah satunya adalah dukungan teknologi dan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

C. JURNAL GAME TEKNOLOGI

1. Fenomena game online dan pembaruan teknologi komunikasi sebagai media baru

2. Penerapan game design document dalam perancangan game edukasi yang interaktif untuk menarik minat siswa dalam belajar bahasa inggris

3. Game edukasi berbasis android: urgensi penggunaan, pengembangan dan penguji kelayakan, disusun oleh: kurnia muhajarah,  Farida Rachmawati

Resume: Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah mampu mengemas kondisi dan realitas pembelajaran menjadi lebih menarik. Game edukasi merupakan permainan atau aktivitas menyenangkan yang memuat konten pendidikan dan penggunaanya, merupakan sebuah keniscayaan Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data digali dan dianalisis secara mendalam menggunakan teori kualitatifnya bogdan dan Cresswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan daya serap masing-masing peserta didik dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pengalaman belajar, modus, modalitas dan gaya belajarnya. Adanya perbedaan mengenai akan hal ini, bisa diakomodir dengan penggunaan game edukasi sebagai media pembelajaran. Penggunaan game edukasi ini tidak bertentangan dengan teori behaviorime dan kogntivisme. Di lain sisi, penggunaan game edukasi berbasis android, berfungsi untuk memudahkan peserta didik dalam pengoperasian dan penggunaannya. Namun demikian, karena kemudahannya, penggunaan game edukasi harus diujilayakkan dahulu melalui instrumen yang ketat oleh para ahli untuk dapat memenuhi standar edar, uji konten dan memaksimalisasi pemanfaatannya.


D. JURNAL SISTEM JARINGAN

1. Pengembangan sisteminformasi jaringan berbasis enterprise resource planning (erp) pada pt. Sinar antjol

2. Pengembangan sistem jaringan menggunakan local area network untuk meningkatkan pelayanan (studi kasus di pt. Ars solusi utama)

3. Rancang bangun sistem jaringan menggunakan linux sabily pada laboraturium akademi ilmu komputer (aikom) ternate

Resume: Di era reformasi saat ini, kebutuhan akan informasi merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam dunia bisnis dan pendidikan. Oleh karena itu, penerapan teknologi jaringan Local Area Network merupakan salah satu solusi yang tepat dalam pertukaran informasi, baik di lingkungan internal maupun eksternal sebuah organisasi. Dengan penulisan ilmiah ini. Salah satu teknologi yang dapat mengolah informasi dengan cepat, akurat dan dapat menjangkau semua belahan dunia adalah menggunakan jaringan. Melalui jaringan perusahaan dapat mengirim kan data atau mengambil data dari satu bagian ke bagian lain dengan cepat dan tanpa harus pergi ke bagian tersebut. Berdasarkan situasi tersebut, penulis tertarik untuk membuat sistem jaringan local area network media informasi dengan menghubungkan ke database. Pembuatan jaringan ini di buat untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan di PT. ARS Solusi Utama. Maksud dari pengembangan sistem jaringan ini adalah untuk membuat sebuah program jaringan Local Area Network media informasi yang di harapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dalam memperoleh informasi tentang. Local Area Network yang penulis buat dapat berguna bagi PT. ARS Solusi Utama yang ingin tahu akan informas dan meningkatkan

E. JURNAL SISTEM MULTIMEDIA

1. Aplikasi multimedia sebagai media informasi pada pengenalan monumen yogya kembali yogyakarta

2. Pengembangan sistem multimedia pembelajaran iqro’ menggunakan metode luther

3. Pengembangan sistem pembelajaran berbasis multimedia Disusun oleh: Suryato, Sunda Ariana dan Syahril Rizal

Resume: Saat ini perkembangan teknologi informasi memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan pembelajaran sistem, salah satunya adalah teknologi dalam bidang multimedia. Teknologi multimedia adalah alat yang sangat diperlukan untuk proses belajar. Penggunaan teks, gambar, audio, video, dan animasi dalam pembelajaran membantu siswa dengan cepat memahami materi pelajaran. Multimedia juga memberikan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. AMIK AKMI Baturaja merupakan perguruan tinggi komputer yang belum dimanfaatkan secara maksimal teknologi informasi dalam pembelajarannya, khususnya dalam bidang Multimedia. Untuk itulah peneliti melakukan penelitian ini untuk pengembangan pembelajaran di Kampus AMIK AKMI Baturaja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan a media pembelajaran berbasis multimedia di AMIK AKMI Baturaja yang dapat menjadi pendorong belajar siswa prestasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka, observasi, kuesioner, dan wawancara. Metode pengembangan media menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept (analisis kebutuhan), design (desain), pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi itu Hasil dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran berbasis multimedia yang disajikan dalam bentuk e-learning. media ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa.


F. JURNAL SISTEM PAKAR

1. Sistem pakar berbasis web dan mobile web untuk mendiagnosis penyakit darah pada manusia dengan menggunakan metode inferensi forward chaining

2. Sistem pakar diagnosa penyakit kulit menggunakan metode forward chaining berbasis web

3. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman kedelai menggunakan metode forward chaining berbasis web, Disusun oleh: Amilia Trianasari, S.KOM, MM1 ,Nanang H, ST, M.T.I2

Resume: Puskesmas merupakan salah satu tempat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Puskesmas setiap harinya selalu mencatat dan mengelola data pasien yang berobat dan memberikan suatu pelayanan konsultasi pasien dengan dokter spesialis. Namun, dalam konsultasi di puskesmas masih dirasa kurang baik, karena pencatatan yang manual sehingga menghambat waktu dalam memberikan pelayanan untuk berobat dan konsultasi. Fasilitas dipuskesmas juga memberikan peluang pasien untuk konsultasi penyakit kulit, namun hal ini dirasa kurang efektif, danmemakan waktu banyak sedangkan banyak pasien yang ingin berobat untuk segera diperiksa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diberikan solusi dengan dibangunnya suatu Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit menggunakan Metode Forward Chaining. Dimana sistem ini diharapkan dapat membantu dalam penanganan konsultasi pasien dan tidak menganggu waktu pasien yang antri berobat untuk segera ditangani dokter. Konsultasi untuk pasien disediakan untuk memberi peluang pasien agar dapat membantu mengenal dan mengatasi suatu gejala penyakit tanpa harus datang ke puskesmas untuk mengantri dan dapat mencegah gejala penyakit tersebut secara cepat.



2. Data – data uang dibutuhkan pada sistem informasi penjualan produk berbasis android ialah:

Data data yang dibutuhkan:

1) Data analisis Produk

2) Data analisis Harga

3) Data analisis konsumen

4) Data analisis  seles

5) Data analisis kasir

6) Data analisis pesanan barang

Laporan yang dibutuhkan di sistem:

1) Laporan penjualan pada hari ini (apakah lebih banyak dari kemarin atau kurang)

2) Laporan barang masuk


3. Alat-alat pemodelan dalam pengembangan sistem

1. Sistem Flowchart, Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

2. Sistem Diagram | Flowmap, Flowmap adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.

3. Data Flowdiagram(DFD), Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD sangat mirip dengan Flowchart. Teknik-teknik dalam pengembangan sistem:

1. Teknik Analisis Biaya, Cost Benefit Analysis atau analisis biaya manfaat adalah pendekatan untuk rekomendasi kebijakan yang memungkinkan analisis membandingkan dan menganjurkan suatu kebijakan dengan cara menghitung total biaya dalam bentuk uang dan total keuntungan dalam bentuk uang.

2. Teknik Analisis Penjadwalan Proyek, proyek system adalah pengembangan sebuah system informasi dalam suatu organisasi.

3. Teknik pengumpulan data, 

a. Angket, Angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk menggali data sesuai dengan permasalahan penelitian.

b. Teknik Observasi, Dalam pelaksanaan observasi, peneliti bukan hanya sekedar mencatat, tetapi juga harus mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penilaian ke dalam suatu skala bertingkat.

c. Teknik Interview, Wawancara merupakan proses komunikasi yang sangat menentukan dalam proses penelitian. Dengan wawancara data yang diperoleh akan lebih mendalam, karena mampu menggali pemikiran atau pendapat secara detail.


4. sistem yang dapat di kembangkan

a. E-Learning

Ini adalah contoh pertama dari sistem informasi yaitu dalam bidang pendidikan. E learning atau electronic learning merupakan sistem informasi yang diterapkan dalam sekolahan. Penerapan sebuah data yang diproses dan disebarkan melalui teknologi.

Banyak sekali manfaat dari hadirnya sistem informasi di bidang pendidikan ini, diantaranya kemudahan. Kemudahan yang ditawarkan tidak hanya berupa penghematan waktu, tapi juga penghematan kertas. Karenanya contoh dari sistem informasi ini sangat berguna dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

b. E-banking

Sistem informasi ini digunakan di bank. Pihak yang mengelola sistem informasi ini biasanya adalah pihak pekerja bank yang terkait. Orang-orang tersebut adalah orang yang memang mengerti penggunaan sistem informasi ini.

Cara kerja e banking ini sangat mudah, contohnya SMS Banking. Untuk melakukan transaksi dengan metode ini seseorang hanya harus mengirimkan SMS dengan format tertentu. Lalu nantinya format ini akan dikirimkan ke nomor yang sudah ditentukan, jadi seseorang tidak perlu repot pergi ke bank.

c. E-Commerce

Perdagangan online ini cara kerjanya juga mempermudah proses perdagangan yang ada. Metode kerjanya pun mudah dimana seseorang hanya perlu memasukkan pencarian barang yang diinginkan lalu pilih beli. Nanti komponen sistem informasi berupa output akan muncul yakni barang yang dibeli tadi.

d. Sistem Layanan Mahasiswa

Selanjutnya sistem informasi yang penerapannya ada di dalam kampus. Sistem layanan mahasiswa ini diciptakan bertujuan untuk memudahkan kegiatan mahasiswa dalam kegiatan kampusnya. Salah satu kegiatannya adalah memperoleh hasil dari kegiatan akademis berupa test atau kegiatan lainnya.

e. Booking aOnline

Pemesanan secara online. Pemesanan yang dapat dilakukan melalui online ini beragam bisa berupa tiket transportasi, tiket konser, dan hotel. Selain hal-hal ini masih banyak lagi hal lainnya yang dapat dipesan melalui online bisa berupa website atau aplikasi.

f. Enterprise Resource Planning

Sistem ini berfungsi dalam hal monitoring atau pengawasan terhadap manajemen perusahaan. Selanjutnya sistem ini juga terhubung dengan bidang unit pekerjaan keuangan, pemasaran, operasional, dan lain-lain. Hal-hal yang biasanya dilakukan dan membutuhkan waktu yang lama sekarang sudah bisa dilakukan secara singkat.

g. Transaction Processing System

Transaction processing system atau yang dikenal dengan TPS ini merupakan sistem informasi lainnya yang diterapkan di perusahaan. Sistem informasi ini memiliki fungsi untuk memproses data yang besar dan biasanya data tersebut digunakan secara rutin. Data tersebut biasanya berupa transaksi gajian, dan sejenisnya.

h. Artificial Intellegen

Salah satu sistem informasi ini tadinya lebih banyak digunakan perusahaan. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan ini sangat memudahkan proses transaksi yang ada di perusahaan. Melihat kecanggihan A.I ini tidak heran jika banyak yang menerapkan hal ini pada tempat lainnya.

i. Decisition Support System (DSS)

DSS adalah system imformasi berbasis komputer menggunakan  mode keputusan dan data base khusus untuk mendukung proses pengambilan keputusan bagi manager pengguna akhir

j. Informatic Management System (IMS)

 IMS dirancang untuk mendukung spektrum tugas dalam organisasi yang dapat digunakan untuk menganalisis pengambilan keputusan

5. Uraian 

a. Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak . Secara teoretis dapat dipahami bahwa sebuah perencanaan melalui 4 (empat) tahapan yaitu menetapkan tujuan, membuat rencana tindakan, mengevaluasi kemajuan, dan menilai kinerja secara keseluruhan.

Tahapan Pengembangan Sistem Informasi. Sebuah pengembangan sistem informasi terdiri atas enam tahapan penting, yakni survei sistem, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan perubahan dan pemeliharaan.

b. Proyek Sistem Informasi : Adalah proyek yang berhubungan perangkat lunak/Sistem informasi dalam suatu sistem komputer.

c. Studi kelayakan adalah sebuah penilaian mengenai kelayakan dari suatu proyek yang akan dikerjakan. Studi kelayakan bertujuan untuk mengetahui secara obyektif dan rasional, keunggulan dan kelemahan dari hal yang sudah ada dan proyek yang akan dikerjakan, serta dampaknya terhadap lingkungan hidup, sumber daya yang diperlukan, dan pada akhirnya prospek dari proyek tersebut. Secara sederhana, dua kriteria untuk menilai kelayakan adalah biaya yang diperlukan dan nilai yang didapat.

Faktor dalam study kelayakan:

1) Kelayakan Teknik

2) Kelayakan operasi

3) Kelayakan jadwal

4) Kelayakan ekonomi

5) Kelayakan hukum



Comments